Derian Indra Pratama
Blog Universitas Komputer Indonesia

BlackBerry Messenger Terancam Dihapus?

BlackBerry Messenger Terancam Dihapus?
Rupanya buntut dari sikap Research in Motion (RIM) yang lebih memilih untuk membangun server di Singapura daripada di Indonesia, membawa bara di Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Kabar terakhir, BRTI menyatakan mereka mungkin akan mengakhiri layanan BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia.
1
Seperti diungkapkan oleh Heru Sutadi, bahwa dalam waktu dekat BlackBerry hanya akan berfungsi seperti HP lainnya, setelah buntut penghapusan BBM. Hal ini dikarenakan pihak RIM tidak mau bekerja sama dengan BRTI, oleh karena itu pihak BRTI berkeras segera mengakhiri layanan Blackberry Internet Service dan BBM.September lalu, RIM membuat sebuah komitmen dengan pemerintah untuk melaksanakan 4 buah perjanjian sebelum tanggal 31 Desember.
 
Salah satunya ialah pembentukan server atau pusat data. Meskipun perjanjian tidak menentukan dimana server akan dibangun, pemerintah tetap merasa RIM harus membuat prioritas ke Indonesia yang merupakan negara pengguna BlackBerry terbanyak di Asia Tenggara, jauh melebihi pengguna di Singapura.

Mengapa pemerintah dalam hal ini BRTI sangat bersikeras dengan pembangunan server di tanah air? Tak lain karena alasan keamanan. Saat ini, semua pertukaran data melalui BIS dan BBM diproses di Kanada yang merupakan induk RIM, dimana pemerintah Indonesia mustahil memonitor dan melindungi data yang dikirim dan diterima oleh jutaan pengguna BB di Indonesia. Kita lihat saja bagaimana reaksi jutaan pengguna BlackBerry di Indonesia, jika BBM benar-benar dihapuskan ya BGers?
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 24 Januari 12 - 08:13 WIB
Dalam Kategori : BLACKBERRY, BBM, RIM, BRTI
Dibaca sebanyak : 4014 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
RzaLRzaL · wkakakakaka ..
Diposting pada : Selasa, 24 Januari 12 - 08:14 WIB
Derian Indra PratamaDerian Indra Pratama · hayo nu gaduh blackberry kumaha tah teu tiasa BBM'n,
Diposting pada : Selasa, 24 Januari 12 - 08:15 WIB
RzaLRzaL · moal matak di tutup da Lidah 
Diposting pada : Selasa, 24 Januari 12 - 08:16 WIB
Derian Indra PratamaDerian Indra Pratama · Lidah 
Diposting pada : Selasa, 24 Januari 12 - 08:16 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback